Lupa Bawa Pembalut Saat Haid? Jangan Panik! Ikuti Langkah Ini!

Lupa Bawa Pembalut Saat Haid? Jangan Panik! Ikuti Langkah Ini!

Tidak semua wanita memiliki tanggal menstruasi yang selalu sama tiap bulannya. Bagi wanita yang tidak dapat memprediksi kapan haid akan datang, tentu tidak jarang mereka tidak membawa pembalut. 

Namun, bagaimana jika menstruasi tiba-tiba datang saat sedang di luar dan tidak membawa pembalut? Tenang saja, di bawah ini kamu akan menemukan cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut.

Apa yang bisa dilakukan saat haid tidak membawa pembalut?

Saat kamu berada di kampus atau di kantor, tentu tidak mudah menemukan pembalut di tempat tersebut. Pembalut hanya tersedia di toko-toko. Namun, kamu bisa mencari akal untuk mengganti pembalut sementara sebelum pergi ke supermarket untuk membeli pembalut. Kamu bisa membuat sendiri atau menggunakan benda-benda di sekitarmu yang sekiranya mampu menampung darah haid.

Cara mengatasi haid jika tidak ada pembalut

Tahukah kamu jika penampung darah haid tidak hanya pembalut atau menstrual cup saja? Kamu bisa menggunakan barang lain untuk menampung darah haid meski hanya sementara. Berikut adalah beberapa benda yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti pembalut sementara.

Tisu toilet

Tisu yang bisa menyerap air juga mampu membantu kamu saat genting yaitu pengganti pembalut sementara. Kamu juga bisa menggunakan tisu wajah jika tidak menemukan tisu toilet. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa tisu jika berpergian. 

Cara membuat pembalut dengan tisu adalah kumpulkan beberapa lembar tisu hingga tebal dan pas kamu gunakan. Dengan bantalan tisu tersebut bisa dipastikan akan membantu menghindarkan kamu dari kebocoran saat haid.

Kaos kaki

Bahan alternatif untuk menyerap darah haid jika tidak ada pembalut adalah menggunakan kaos kaki. Bahan kaos kaki dari kain tentunya bisa menyerap darah haid saat kamu sedang tidak membawa pembalut. Gunakanlah kaos kaki yang bersih atau belum digunakan sebagai pembalut sementara.

Kain lap

Kamu juga bisa menggunakan kain lap atau waslap bersih untuk menampung darah haid selain pembalut. Bahan yang bisa menyerap darah haid ini juga bisa membantu kamu dari kepanikan saat kamu tidak membawa pembalut.

Minta bantuan orang lain

Hal yang paling mudah adalah kamu bisa meminta bantuan orang lain. Tanyakan pada orang lain apakah mereka membawa pembalut yang bisa kamu gunakan. Jika tidak, minta tolong pada mereka untuk membelikan kamu pembalut di supermarket atau toko terdekat. 

Tutupi dengan jaket

Tentu tidak nyaman jika kamu bepergian dengan bekas darah yang tercetak jelas di rok atau celana yang kamu gunakan. Tutupi bagian belakang kamu dengan jaket sebelum memutuskan untuk membeli pembalut di toko terdekat.

Cara menjaga kebersihan organ intim jika tidak ada pembalut 

Menjaga kebersihan organ intim jika tidak ada pembalut tetap prioritas utama. Sebelum menggunakan alternatif lain selain pembalut pastikan pengganti-pengganti tersebut terjaga kebersihannya dan belum digunakan. Berikut adalah cara menjaga kebersihan organ intim jika tidak ada pembalut.

  • Mencuci tangan
  • Membersihkan area vagina
  • Menghindari pengganti pembalut yang memiliki kandungan wewangian
  • Segera ganti dengan pembalut 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *