Ketahui Jam Olahraga yang Baik dan Manfaatnya

Seiring dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya berolahraga ada banyak sekali pertanyaan tentang jam olahraga yang baik supaya mendapatkan manfaat yang maksimal. Padahal sampai saat ini belum ada patokan pasti kapan waktu yang terbaik. Ada sebagian yang menganggap olahraga pagi merupakan jam terbaik.

Namun ada juga yang beranggapan olahraga siang atau malam hari merupakan waktu yang tepat. Anggapan tersebut tentunya wajar dan sah-sah saja. Pasalnya semua waktu tersebut baik itu pagi, siang maupun malam membawa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Kapan Jam Olahraga yang Baik?

Perlu diketahui jika sampai saat ini belum ada bukti penelitian yang bisa menjelaskan kapan jam olahraga yang baik. Akan tetapi olahraga sendiri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jadi daripada tidak olahraga sama sekali kamu bebas memilih jamnya baik itu pagi, siang maupun malam hari.

Tinggal pilih dan sesuaikan saja dengan waktu yang kamu miliki. Apabila kamu termasuk orang yang biasa beraktivitas pagi hari maka waktu siang bisa menjadi pilihan terbaik. Sebaliknya jika kamu sibuk waktu siang hari maka kamu bisa olahraga saat malam atau pagi hari.

Jadi bisa disimpulkan bila waktu olahraga terbaik ini tergantung pada rutinitas atau kegiatan kamu. Namun, usahakan untuk berolahraga secara konsisten agar mendapatkan manfaat olahraga dengan maksimal. Untuk pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan juga beragam mulai dari joging, berenang, bermain bola, bersepeda, yoga dan lain sebagainya.

Untuk informasi selengkapnya, baca di sini ya: https://yoona.id/blog/jam-olahraga-yang-baik/.

Manfaat Olahraga di Jam Olahraga yang Baik

Sebelumnya sudah disinggung jika kamu bisa berolahraga di pagi hari, siang maupun malam hari. Adapun setiap waktu atau jam olahraga yang baik ini mempunyai manfaat tersendiri yang bisa kamu simak berikut ini:

Manfaat Olahraga Pagi

Jam olahraga pagi yang baik biasanya mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00. Jika memilih untuk olahraga pada pagi hari maka manfaat berikut ini akan kamu rasakan:

  • Energi Lebih Banyak. Olahraga pagi yang teratur efektif membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Saat olahraga biasanya oksigen dan nutrisi akan bersirkulasi dengan lancar pada jantung dan paru-paru. Fungsi sistem kardiovaskular dan daya tahan tubuh juga akan meningkat sehingga kamu akan merasa lebih berenergi
  • Lebih Fokus. Olahraga pagi bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi. Jadi dengan melakukan olahraga pada pagi hari kamu tetap bisa fokus sepanjang hari.
  • Meningkatkan Kewaspadaan. Olahraga pada pagi hari akan membantu meningkatkan hormon kortisol. Akibatnya kamu akan jadi lebih terjaga dan waspada.
  • Meningkatkan Mood. Olahraga pagi akan membuat produksi endorfin yang merupakan hormon peningkat rasa euforia lebih tinggi. Dengan begitu pikiran cemas yang kamu rasakan bisa teralihkan dan suasana hati atau mood akan terjaga sepanjang hari.

Manfaat Olahraga Siang Hari

Olahraga pada siang hari dipercaya memberikan manfaat yang baik untuk mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot. Selain itu aktivitas enzim dan daya tahan tubuh juga akan meningkat. Adapun jam olahraga yang baik saat siang hari adalah antara pukul 14.00 sampai dengan 18.00.

Manfaat Olahraga di Malam Hari

Waktu senggang saat malam juga bisa kamu gunakan untuk olahraga karena memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Kualitas Tidur Meningkat. Beberapa penelitian menyebutkan jika olahraga pada malam hari akan membantu tidur agar lebih nyenyak. Kegiatan olahraga tentunya akan membuat kamu kelelahan sehingga lebih mudah tertidur dan tidak sering terbangun saat tengah malam.
  • Menjernihkan Pikiran. Kegiatan olahraga di malam hari ternyata bisa membantu kamu untuk menjernihkan pikiran. Apalagi jika kamu sudah bekerja keras seharian maka olahraga bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan mood dan mengurangi stres.
  • Meningkatkan Performa Fisik. Olahraga malam hari juga bermanfaat baik untuk meningkatkan performa fisik kamu. Selain itu risiko cedera juga lebih kecil dibandingkan jam olahraga lainnya seperti pagi atau siang hari.

Pada dasarnya setiap orang mempunyai ritme sirkadian tubuh yang berbeda. Bahkan waktu luang yang dimiliki juga berbeda. Untuk itulah tidak ada pedoman pasti mengenai jam olahraga yang baik karena semuanya tergantung diri sendiri dan semua jam juga akan memberikan berbagai manfaat. Untuk itulah kamu tidak perlu bingung memikirkan jam dan mulai saja olahraga kapan saja ada waktu dengan konsisten

Sumber:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/14/150000265/kapan-waktu-terbaik-berolahraga-ini-plus-minus-olahraga-di-pagi-sore-dan?page=all

https://www.alodokter.com/pagi-dan-sore-sama-sama-waktu-yang-tepat-untuk-olahraga

https://health.okezone.com/read/2019/03/05/481/2026031/3-waktu-paling-tepat-untuk-olahraga-jangan-sampai-salah?page=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *